Minggu, 18 Juni 2017

Tips Mudik Bersama Anak Ala Bunda Arfa

Beberapa hari menjelang lebaran, hawa mudik sudah mulai terasa ya? Informasi pantauan lalu lintas pun mulai rame di beberapa timeline media sosial serta televisi.

Bagi keluarga yang membawa anak kecil, apalagi lebih dari satu balita, tentu mudik perjalanan jauh menjadi tantangan tersendiri.

Berdasarkan pengalaman kami mudik road show dari Jawa Barat - Jawa Tengah - Jawa Timur dengan duo balita, ada beberapa tips yang saya catat, diantaranya :

1. Komunikasikan tujuan perjalanan kita pada anak-anak beberapa hari sebelum keberangkatan. Beri gambaran berapa lama kita akan bepergian, berapa kira-kira lama perjalanan dan transportasi yang akan digunakan.
2. Jika anak sudah berusia 4 tahun ke atas, libatkan dalam persiapan perlengkapan mudik. Berikan kesempatan mereka memilih beberapa mainan yang akan dibawa.
3. Siapkan perlengkapan obat-obatan di tempat yang mudah diambil. Begitu juga dengan baju anak.
4. Selama perjalanan, simpan HP sementara waktu, namun letakkan di tempat yang mudah diraih. Saya malah lebih suka mematikan jaringan internetnya, selain hemat baterai, juga membuat tak terganggu dengan notif yang masuk. Jika memang penting, orang akan menghubungi kita dengan menelepon.
5. Dalam perjalanan, ajak anak-anak bersenang-senang. Bisa bernyanyi bersama, bermain tebak-tebakan atau cerita berbagai hal yang mengasyikkan.
6. Tanyakan pendapat anak tentang kondisinya, misal pusing, ingin ke toilet atau lelah, lapar, dan mengantuk. Pertimbangkan waktu istirahat akan lebih banyak karena adanya anak-anak.
7. Jadikan perjalanan mudik sebagai family time yang seru, meski dengan obrolan ringan seperti menghitung roda mobil yang terlihat di depan atau samping kita. Belajar tentang transportasi dan adab bepergian bisa dijadikan tema diskusi.

Itulah beberapa hal yang saya ingat agar anak tak rewel selama perjalanan mudik. Yang tak kalah penting, kita harus menjaga kesehatan dan kesabaran. Karena jika kita tenang dan bahagia, in sya Allah anak-anak lebih mudah untuk diajak bekerjasama.

Selamat mudik...semoga lancar dan selamat sampai tujuan, aamiin.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#HariKeDuapuluhTiga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar